5 Alasan Menggunakan Smart Lamp di Rumah

lampu smart lamp

Smart lamp atau lampu cerdas menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang makin digemari. Pasalnya, ada beberapa fungsi tambahan pada lampu pintar ini dibandingkan dengan lampu LED biasa.

Fungsi tambahan tersebut antara lain adalah pengendalian dengan menggunakan perangkat smartphone berbasis konektivitas WiFi, pengaturan warna dengan warna dasar RGB, dan sebagainya.

Kemampuan smart lamp mengubah warna tentu hal yang baru pada dunia penerangan rumah. Meski sebenarnya metode ini sudah banyak digunakan pada dekorasi ruangan secara umum, terutama buat para live streamer yang biasa menghias kamar atau studionya dengan nuansa lampu berwarna-warni.

Dalam kegiatan sehari-hari, ternyata mengubah mood warna pencahayaan bisa mendukung aktivitas kita itu. Sebagai contoh, menurut jurnal kedokteran webmd, penggunaan lampu berwarna biru saat kita tidur ternyata efektif memblokir hormon melatonin sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Buat kita yang sedang mendengar musik jenis Electronic Dance Music (EDM) dengan beat tinggi, Anda juga bisa menambahkan nuansa lampu kelap-kelip dengan mengatur smart lamp yang dilengkapi sound sensor. Lampu tersebut akan kedap-kedip mengikuti ritme musik yang Anda putar.

Mau tahu fungsi lain smart lamp atau lampu pintar yang bakal menjadi alasan Anda untuk menggunakannya di rumah.

perbandingan led dengan lampu pijar dan neon

  1. Hemat daya

Lampu pintar seperti AVARO WiFi Smart LED, menggunakan teknologi diode yang mengeluarkan cahaya lebih terang per panelnya dibandingkan dengan lampu pijar yang menggunakan sistem filamen maupun lampu neon yang menggunakan gas. Sebagai contoh, lampu LED berdaya 9 watt mempunyai terang setara dengan sekitar 60 watt lampu pijar.

  1. Dapat dipasang pada soket lampu standar

Smart lamp dapat dipasang pada soket lampu standard E27.  Dengan demikian, Anda bisa mengaplikasikannya langsung di fiting yang sudah tersedia di rumah.

  1. Terkoneksi secara mudah ke WiFi

Smart lamp bisa terhubung secara langsung via koneksi WiFi rumah. Anda tinggal mengoperasikannya dengan menggunakan ponsel yang sebelumnya sudah terinstal aplikasi smart lamp tersebut. Untuk smart lamp Avaro, Anda bisa menggunakan aplikasi Avaro yang bisa diunduh pada Google Playstore ataupun Appstore. Lampu pintar tersebut juga bisa dioperasikan dengan menggunakan perintah suara (voice commands) yang terintegrasi dengan Alexa dan Google Assistant.

  1. Fungsi dim dan pengaturan white balance

Selain bisa untuk mengatur warna cahaya, smart lamp juga mempunyai fungsi dimmer yang digunakan meningkatkan ataupun mengurangi intensitas cahaya. Selain itu juga bisa untuk mengatur white balance, mau terang putih ataupun sedikit kekuningan yang hangat.

  1. Harga tak jauh beda dengan harga LED biasa

Menduga bahwa lampu yang dilengkapi teknologi IoT ini akan lebih mahal dan tidak seekonomis lampu LED di pasaran? Dugaan Anda keliru. Meski dilengkapi dengan teknologi berbasis internet, harga lampu pintar tetaplah sangat terjangkau.

Bahkan, di beberapa sumber marketplace, harga lampu pintar setara dengan lampu LED biasa. Jadi, secara hitungan ekonomis, menggunakan lampu pintar jatuhnya lebih hemat dibandingkan LED. Kenapa? Karena Anda bisa mematikannya dari jauh saat Anda tergesa-gesa meninggalkan rumah dan lupa mematikan lampu. Setuju?

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.