5 Cara Gampang Membersihkan Bulu Binatang Peliharaan

5 Cara Gampang Membersihkan Bulu Binatang Peliharaan

cara membersihkan bulu hewan peliharaan

Memelihara hewan peliharaan seperti kucing, anjing, atau mungkin kelinci, memang menggemaskan. Apalagi jika mereka Anda biarkan berkeliaran di dalam rumah agar Anda bisa melihat perilaku mereka yang lucu. Namun, melepaskan hewan peliharaan berkeliaran di dalam rumah membutuhkan perhatian ekstra. Salah satunya adalah perhatian pada sampah bulu-bulu hewan yang rontok.

Kerontokan bulu pada hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing, merupakan hal alamiah yang pasti terjadi. Tidak hanya satu atapun dua, bulu binatang peliharaan bisa berjumlah ribuan dan tersebar ke mana-mana, terutama saat diterbangkan angin.

Bulu tersebut akan berpengaruh pada higienisitas rumah Anda. Selain dapat menyebabkan alergi dan gangguan pernafasan, bulu yang rontok tersebut juga bisa menjadi sarang dan media penyebaran kuman penyakit.

Agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit akibat bulu hewan peliharaan tersebut, mau tidak mau Anda harus membersihkannya secara teratur, baik bulu yang jatuh ke lantai ataupun di karpet. Untuk mendapatkan hasil maksimal dengan metode yang mudah, cara-cara berikut bisa Anda praktikkan.

1. Menyapu dengan sapu kering

Metode menyapu merupakan metode konvensional ini tetap bisa dilakukan untuk menggiring kumpulan bulu hewan yang rontok sebelum menyeroknya dengan serok dan membuangnya ke tempat sampah. Namun, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Anda menggunakan sapu kering dengan serabut yang terbuat dari plastik.

Jenis sapu seperti ini akan menyapu secara maksimal, tanpa membuat bulu justru menempel dalam serabut-serabutnya. Sapu jenis itu juga relatif lebih ringan sehingga Anda bisa lebih leluasa menggunakannya.

2. Rol karet yang dilengkapi lakban

Metode lain yang juga bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan rol karet yang di silindernya dilengkapi dengan lakban. Tujuannya adalah agar bulu-bulu hewan yang rontok bisa merekat pada lakban tersebut dan kemudian dibuang ke tempat sampah.

3. Menggunakan sikat bulu

Beberapa petshop atau supermarket banyak menjual sikat khusus untuk menyikat bulu-bulu hewan yang jatuh di karpet ataupun lantai. Sikat bulu tersebut berfungsi layaknya sapu namun akan lebih efekif mengangkut bulu yang jatuh. Agar lebih mudah terangkat, taburkan dahulu baking soda pada beberapa spot tempat bulu rontok, sebelum Anda menyikatnya.

4. Gunakan vacuum cleaner

Langkah lain yang dirasa lebih mudah adalah dengan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Penyedot debu akan menarik bulu-bulu masuk ke dalam kantong debu sehingga Anda tinggal membuang sampah yang terkumpul ke tempat sampah.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya Anda menggunakan penyedot debu yang dilengkapi dengan sikat pada ujung pipa penyedotnya. Sikat tersebut akan membantu mengangkat bulu hewan yang melekat atau terikat pada serat karpet.

bersihkan bulu hewan peliharaan dengan Avaro vacuum cleaner X1

Foto: Avaro vacuum cleaner X1

6. Memanfaatkan bantuan robot vacuum cleaner

Segala cara di atas masih dirasa kurang mudah? Tenang. Buat Anda yang sibuk dan tidak mau ribet, Anda bisa menggunakan robot penyedot debu atau vacuum cleaner robotic, seperti produk AVARO.

Robot penyedot debu tersebut akan beroperasi secara otomatis dan terjadwal untuk membersihkan lantai dan karpet rumah Anda. Anda tinggal mengoperasikannya dengan menggunakan aplikasi pendukungnya dan memanfaatkan jaringan Wifi yang ada di rumah Anda.

Robot penyedot debu tersebut akan menyapu, menyedot debu, dan mengepel sekaligus. Khusus untuk di robot vacuum cleaner AVARO X1, tersedia fitur UVC yang berfungsi untuk melakukan sterilisasi area yang dilaluinya dari kuman penyakit.

Dengan robot vacuum cleaner, Anda mempunyai lebih banyak waktu dengan binatang peliharaan Anda tanpa harus risau membersihkan bulunya setiap sehat. Lebih mudah dan praktis, bukan?

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.