5 tempat paling kotor di rumah

5 tempat paling kotor di rumah

vacuum cleaner robot Avaro Laser

Foto: Vacuum cleaner robot Avaro Laser

Jangan Salah Kira, Ini Tempat Paling Kotor di Rumah

Seringkali kita merasa bahwa rumah menjadi tempat paling bersih. Tidak salah, memang. Jika dibandingkan dengan beberapa tempat lain, terutama di luar, rumah memang menjadi tempat paling bersih – dan paling aman – karena sangat minim interaksi dengan orang luar yang belum ketahuan kondisi kesehatannya.

Namun demikian, anggapan rumah sebagai tempat paling bersih juga tidak bisa digeneralisasi. Ada beberapa pemilik rumah yang kurang peduli dengan kebersihan rumahnya.

Selain itu, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa bagian rumah yang memang menjadi sarang bakteri dan kuman. Bahkan, menurut penelitian, jumlah kuman di tempat tersebut tak kalah dengan yang ada di beberapa ruang public.

Apakah itu closet atau kamar mandi? Ternyata, bukan. Mau tahu faktanya? Simak daftar ruangan atau tempat di rumah yang paling tidak higienis.

#5 Tempat tidur

Di urutan terendah, adalah kamar tidur. Dari penelitian, tempat tidur rata-rata ditempeli oleh sekitar 1,5 juta partikel debu setiap hari.

Tak hanya itu, dalam sebuah studi tahun 2016 oleh Amerisleep, sarung bantal yang tidak dicuci selama satu minggu mengakumulasi 17.442 kali lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet.

#4 Ruang kerja

Ruang kerja biasanya terdapat keyboard atau mouse yang digunakan untuk mengetik dan bekerja. Keyboard tersebut tentu jarang kita bersihkan. Tahukah Anda bahwa di keyboard tersebut terdapat banyak kuman? Ya, apalagi jika kita sering memegang keyboard tanpa mencuci tangan dulu atau bahkan mengoperasikannya dengan sambil makan atau ngemil.

Sayangnya, ruang kerja juga cenderung jarang kita bersihkan tiap saat karena banyaknya berkas pekerjaan yang ada di sana. Itulah alasan mengapa ruang kerja menjadi salah satu tempat di rumah yang paling jenuh dengan kotoran.

#3 Ruang keluarga

Keluarga terdiri dari beberapa anggota yang mempunyai aktivitas berbeda. Terutama buat anggota keluarga yang aktif, aktivitas mereka banyak berada di luar ruangan dan berinteraksi dengan orang lain sehingga saat semua anggota keluarga berkumpul di ruang keluarga, potensi terjadinya penyebaran kuman jadi tinggi.

Penyebaran kuman tersebut bisa terjadi melalui peralatan yang kerap digunakan bersamaan dalam ruang keluarga, seperti remot TV, remot AC, karpet, sofa, bantal sofa, dan lain sebagainya. Mau tidak mau, Anda harus membersihkannya secara teratur dengan desinfektan.

#2 Kamar mandi dan toilet

Tidak mengherankan bahwa tempat kita membersihkan tubuh, yakni kamar mandi dan toilet menjadi salah satu tempat yang paling banyak terdapat kuman. Selain karena merupakan tempat untuk membuang kotoran tubuh, tempat ini  cenderung lembab sehingga kuman cepat berkembangbiak.

Perlu diketahui, sikat gigi adalah bagian terkotor di kamar mandi dan ini melebihi dari toilet itu sendiri. Dilansir dari The Sun, jumlah bakteri yang berada di sikat gigi adalah 200.000 bakteri per inci persegi. Sedangkan, jumlah bakteri di toilet adalah 295 bakteri dan 764 bakteri untuk lantai kamar mandi.

#1 Dapur

Mungkin, banyak di antara kita yang tidak menyangka bahwa urutan teratas tempat paling kotor serumah adalah dapur. Pasalnya, dapur merupakan tempat awal mula makanan yang kita makan sehari-hari berasal sehingga tentu fakta ini tentu membuat kita kuatir.

National Sanitation Foundation (NSF) menemukan fakta bahwa lebih dari 75 persen dari sepiring hidangan dan kain memiliki Salmonella, E. coli, dan kotoran dibandingkan dengan 9 persen pada gagang keran kamar mandi. Tak hanya itu, 45% kotoran berada pada kitchen sink, 32% kotoran pada counter tops, 18 % ada di talenan, dan 5%-nya tersebar ke penjuru bagian di dapur.

Apa Solusinya?

Positifnya, fakta tersebut menjadi peringatan bagi kita agar tidak melepaskan perhatian pada kebersihan dapur dan sekitarnya. Idealnya, kita membersihkan lingkungan sekitar zink dan rak piring setelah menggunakannya. Tetapi, jika memang tidak bisa, maka luangkan waktu setiap akhir pekan untuk membersihkannya.

Cara termudah adalah dengan mengelap semua permukaan dapur, mulai dari meja dapur, area sekitar zink, rak peralatan makan, hingga area kompor, dengan menggunakan lap dan air sabun. Jangan lupakan juga kebersihan lantai dapur ya.

Membersihkan lantai dapur bukan pekerjaan mudah. Anda harus menyapunya, kemudian mengepelnya agar bersih maksimal. Meski melelahkan, tahapan tersebut harus Anda lakukan.

Buat Anda yang memang tidak mempunyai waktu dan energi lebih untuk membersihkan lantai dapur, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk robot vacuum cleaner, seperti vacuum cleaner robotic Avaro X1.

Robot vacuum cleaner ini akan membersihkan, menyapu, menyedot debu, hingga mengepel secara otomatis dan terjadwal. Anda tinggal mengoperasikannya dengan menggunakan aplikasi berbasis internet.

Robot vacuum cleaner ini mempunyai dust station yang akan menguras kotoran yang sudah disedotnya. Dust station ini juga akan sekaligus secara otomatis mengisi kembali daya vacuum cleaner tersebut.

Dengan bantuan vacuum cleaner robot, waktu dan energi Anda bisa gunakan untuk hal lain, seperti menemani buah hati bermain atau sambil memasak masakan favorit keluarga, sembari robot bekerja dengan sendirinya. Mudah, bukan?

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.