7 Kiat Membeli vacuum cleaner terbaik dan sesuai bujet

 

robot vacuum cleaner Avaro X1

Foto: keluarga bermain cleaner avaro X1

Vacuum cleaner tampaknya sudah menjadi salah satu komponen “must buy” di daftar kebutuhan rumah tangga. Seperti namanya, perangkat ini memang bertujuan untuk menghisap debu dan kotoran yang ada di rumah maupun tempat lain, seperti  interior mobil.

Cara yang paling sering dilakukan untuk menyingkirkan debu tentu adalah dengan menggunakan sapu dan kemoceng . Namun, membersihkan debu menggunakan sapu atau kemoceng bisa saja mengakibatkan debu tersebut terhirup. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit atau alergi. Solusinya, Anda bisa membeli penyedot debu agar terhindar dari hal tersebut.

Dengan peralatan kebersihan ini kamu dapat membersihkan debu, kotoran, tungau, atau serangga-serangga kecil dengan cepat dan praktis. Anda tidak perlu takut lagi terserang alergi jika memiliki alat ini.

Jika memutuskan untuk membeli alat ini, ada beberapa  hal yang perlu diperhatikan. 

1. Tentukan vacuum cleaner dari kondisi ruangan rumah

Sebelum membeli vacuum cleaner, ketahui kondisi ruangan rumah. Apakah berkontur? Apakah memiliki banyak sudut yang susah dijangkau? Apakah terdapat banyak perabotan? Apakah banyak kabel berseliweran? Dan lain sebagainya. 

Dengan mengenal kondisi ruangan rumah tersebut, maka kita selanjutnya bisa menentukan tipe atau jenis vacuum cleaner yang cocok buat kondisi ruangan tersebut.

2. Tentukan tipenya

Sebelum kamu membeli vacuum cleaner, sebaiknya kamu mengetahui dulu jenis-jenis dari alat ini. Sehingga, kamu dapat menentukan jenis mana yang paling ideal untuk kondisi di rumah.

Upright Vacuum
Upright Vacuum adalah jenis vacuum yang berbentuk tega dan paling sering kita temui. Penyedot debu jenis ini memiliki dua tipe, bermesin tunggal dan mesin ganda.

Steam Vacuum
Steam vacuum mengandalkan uap air yang ada pada tabung vacuum untuk memberihkan debu. Vacuum ini biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan yang keras, seperti kayu atau keramik.

Central Vacuum
Vacuum jenis ini bisa dikatakan sebagai vacuum yang sangat efisien. Tidak ribet seperti vacuum portable yang harus kita pindahkan tabungnya setiap kita berganti ruangan. Kamu hanya perlu membawa selang dan powerhead saja. Harga vacuum ini relatif mahal. Selain itu, kamu perlu melakukan instalasi central vacuum yang hanya bisa dilakukan oleh teknisi produk tersebut.

Hendheld Vacuum
Penyedot debu ini cocok sekali untuk membersihkan debu-debu di kursi atau karpet mobil, lemari, atau ventilasi. Kecil, ringan, dan tanpa kabel, tentu alat ini sangat mudah digunakan.

Robot Vacuum
Vacuum jenis ini adalah yang paling praktis. Kamu nggak perlu repot-repot ke sana-sini untuk membersihkan debu. Model terbaru dari jenis ini bahkan bisa dikendalikan menggunakan aplikasi di ponsel pintar.

3. Daya yang dibutuhkan oleh vacuum cleaner

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah daya yang dibutuhkan oleh vacuum cleaner. Jangan sampai Anda sudah membelinya tetapi ternyata daya listrik rumah tidak kuat sehingga malah meteran listrik turun setiap kali menggunakannya. 

Hal ini sangat perlu kita ketahui dan sadari sebelum membeli karena kebanyakan vacuum cleaner membutuhkan daya listrik yang besar. 

4. Tingkat kebisingan 

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah tingkat kebisingan yang biasa disebabkan oleh vacuum cleaner. Tingkat kebisingan tersebut dituliskan dengan satuan desibel (dB). Semakin tinggi desibelnya, tentu suaranya lebih bising. 

5. Jenis filter yang dimiliki

Penggunaan vacuum cleaner yang memiliki filter dengan teknologi high efficiency particulate air (HEPA) atau saringan udara partikula efisiensi tinggi  memungkinkan filter ini dapat menyaring debu yang masuk dan mengeluarkan udara yang bersih. HEPA ini merupakan fitur yang wajib dimiliki. Teknologi filter lainnya adalah filter yang menggunakanan saringan air. 

6. Ringan dan Ergonomis, sesuai dengan gerakan tubuh

Sebaiknya Anda memilih penyedot debu yang memiliki desain dan ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Mengapa begitu? Ketika kita menggunakan vacuum yang terlalu kecil dan pendek tentu Anda perlu membungkuk ketika menggunakannya. Dalam penggunaan lama, hal tersebut akan mengakibatkan tulang belakangmu terasa nyeri dan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, pilih vacuum cleaner yang mempunyai bobot ringan dan mudah digunakan. Jika vacuum cleaner terlalu berat, maka akhirnya kita akan malas untuk menggunakannya, bukan?

7. Multifungsi

Saat ini, membersihkan rumah tentu tidak hanya dengan menyedot debu. Selain menyedot debu, diperlukan langkah mengepel untuk menghilangkan bekas debu. Lebih dari itu, yang lebih penting, sebisa mungkin kita juga harus menjamin ruangan rumah bebas kuman dan virus. 

Untuk kebutuhan ini, Anda bisa mempertimbangkan vacuum cleaner robotic seperti Avaro X1. Vacuunm cleaner ini merupakan vacuum cleaner pintar yang bisa menyedot debu, mengepel, dan membasmi kuman dengan fitur sinar UVC-nya. 

Vacuum cleaner ini juga bisa melakukan pekerjaan terjadwal secara otomatis. Jadi, ketika Anda menyeting jadwal operasional tiap 2 jam sekali, maka setiap 2 jam, vacuum tersebut akan beroperasi sendiri tanpa Anda aktifkan ulang. 

Dilengkapi dengan banyak titik sensor AI, vacuum cleaner ini akan memetakan  ruangan dan posisi perabotan secara realtime sehingga tidak akan jatuh ataupun terbentur oleh perabotan yang ada. Vacuum cleaner ini juga dapat mencari titik kotoran yang ada di lantai, baik berupa debu, kotoran peliharaan, hingga tumpahan cairan.

Lebih hebatnya, robot vacuum cleaner Avaro X1 ini dilengkapi dengan dust bin yang juga berfungsi sebagai pengisi daya. Jadi ketika level baterainya menipis, dia akan secara otomatis akan kembali ke docking-nya dan mengosongkan kotoran yang dibawanya sekallgus mengisi daya baterainya yang sangat efisien.

Nah, sudah menentukan vacuum cleaner apa yang hendak Anda belI?

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.