APA KEUNGGULAN ROBOT VACUUM CLEANER DENGAN TEKNOLOGI SENSOR LASER
sensor robot vacuum cleaner

Foto: Robot vacuum cleaner AVARO X1

Secara garis besar, saat ini, terdapat dua teknologi robot vacuum cleaner, yaitu teknologi infrared (infra merah) dan teknologi laser. Meskipun sama-sama berfungsi untuk memetakan area, keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan.

Seperti namanya, perangkat ini memang berguna untuk menyedot debu secara otomatis. Tidak hanya menyedot debu, banyak robot vacuum cleaner yang juga berfungsi untuk menyapu dan mengepel. Bahkan, di beberapa merek robot vacuum cleaner, sepertI AVARO X1, sudah dilengkapi dengan fitur desinfektan untuk membunuh kuman.

Produk tersebut disebut sebagai robot karena bisa bergerak sendiri tanpa kita operasikan secara manual. Agar bisa bergerak sendiri, maka setiap robot vacuum cleaner dilengkapi dengan sensor.

FUNGSI SENSOR PADA ROBOT VACUUM CLEANER

Sensor adalah fitur utama yang terdapat dan tertanam pada robot vacuum cleaner. Dengan adanya fitur ini, robot dapat memetakan lingkungan dan keadaan di sekitarnya.

Sensor ini merupakan indra penglihatan dan peraba dari sebuah alat penghisap pintar. Dengan adanya sensor, robot vacuum cleaner akan terhindar dari menabrak dan terjatuh dari tempat yang lebih tinggi.

Fungsi pemetaan tersebut juga bisa berguna untuk membedakan jenis permukaan lantai yang dilaluinya untuk menentukan jenis tugas yang dilakukan. Misalnya, saat robot vacuum cleaner melewati karpet, maka fungsi pel tidak akan aktif sehingga karpet tidak basah.

Sensor Infra merah dan Laser

Saat ini terdapat dua macam sensor yang digunakan pada robot vacuum cleaner, yaitu sensor infra merah dan laser. Kedua sensor ini memiliki fungsi yang sama, dan yang membuatnya berbeda hanyalah pada tingkat responsibilitasnya.

Sensor infra merah hanya akan melihat daerah sekitar saat ia melewatinya. Sensor ini hanya dapat menjangkau jarak dekat.

Karenanya, robot vacuum dengan sensor jenis ini belum bisa mendeteksi interior rumah dan cara kerjanya akan secara acak. Robot dengan sensor ini mempunyai potensi besar menabrak barang-barang yang ada di lantai.

kEUNGGULAN robot vacuum cleaner dengan sensor laser

Saat ini, muncullah teknologi robot vacuum cleaner  dengan teknologi laser. Sensor laser jauh lebih akurat dan dapat memetakan tempat yang lebih luas. Apalagi, dengan penambahan sistem sensor AI, pemetaan robot vacuum akan lebih realtime.

Teknologi laser yang mendukung vacuum cleaner juga membuat pemetaan ruangan lebih detil. Beberapa posisi ruangan dengan kontur tidak rata membutuhkan pemetaan yang lebih akurat agar robot tidak jatuh.

Teknologi sensor laser dapat Anda temukan pada produk AVARO Laser dan AVARO X1.  Keduanya juga dilengkapi dengan teknologi AI sensor.

Dengan menggunakan vacuum robot yang mempunyai sensor laser, Anda akan memperoleh robot asisten yang benar-benar pintar. Tanpa Anda kendalikan melalui remote control, robot ini dapat bekerja dengan sendirinya untuk membersihkan seluruh permukaan lantai rumah Anda.

Tentu saja, harga untuk robot vacuum yang menggunakan teknologi laser lebih mahal daripada yang menggunakan infra merah. Tetapi, dibandingkan dengan fungsinya yang lebih efektif, maka direkomendasikan agar Anda menggunakan robot vacuum berteknologi sensor laser, daripada yang menggunakan sensor infra merah.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.