Cahaya Lampu Warna Apa yang Paling Baik Saat Tidur

warna lampu saat tidur

Tidur berkualitas adalah dambaan tiap orang. Untuk memperolehnya, ada berbagai macam hal yang bisa membantu. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan warna cahaya lampu.

Studi membuktikan bahwa ada korelasi erat antara penggunaan warna cahaya lampu tertentu dengan tidur berkualitas. “Jika ingin terbantu untuk mendapatkan tidur yang lelap, cahaya berwarna biru yang redup adalah jawabannya,” terang Dr. Tim Brown, pimpinan peneliti dari Universitas Manchester Inggris. Sebaliknya, cahaya putih atau kuning dengan lumen atau tingkat terang cahaya yang tinggi lebih baik bila Anda mesti terjaga dan aktif.

Perlu dicatat, cahaya lampu yang digunakan mesti dalam keadaan redup. Jika dalam keadaan terang benderang, maka justru akan mengganggu aktivitas tidur.

Gelap Lebih Baik, Tapi…

Entah cahaya kemerahan atau kebiruan, sebenarnya yang paling baik adalah tidur tanpa cahaya. Dikatakan oleh dr. Fiona Amalia, MPH, dari KlikDokter, pada dasarnya paparan cahaya akan menstimulasi tubuh dan pikiran, mendorong kewaspadaan, dan kemunculan energi. Ketiganya diperlukan pada pagi dan siang hari, ini waktu kebanyakan orang beraktivitas.

Pengaruh tersebut berkaitan dengan hormon melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur. Hormon ini menjadwalkan waktu tubuh bangun dan tertidur, termasuk mengatur ritme saraf dan hormon saat tidur dan bangun.

Melatonin bekerja dengan sinkronisasi terhadap cahaya. Kadar melatonin di dalam darah secara alami mulai naik pada sore hari, ketika cahaya lingkungan mulai gelap. Kadarnya akan semakin meningkat pada malam hari dan mencapai puncaknya pada pukul 3 dini hari. Bila pagi tiba, kadarnya akan menurun drastis dan tetap rendah sepanjang siang.

Bila kemudian ada paparan cahaya buatan di kamar tidur, seperti lampu terang, televisi, atau gawai, maka produksi melatonin bisa terhambat. Namun, kembali lagi, jika Anda tak bisa atau takut tidur dalam keadaan gelap, gunakan warna cahaya lampu tidur kebiruan yang redup.

Avaro smart led

Avaro smart led

Solusinya, Lampu Smart LED AVARO

Seperti disebut di atas, warna cahaya lampu yang ideal untuk tidur adalah berwarna biru dan redup. Untuk lampu berwarna tentu kita mudah mendapatkannya, tetapi bagaimana dengan kebutuhan akan lampu redup?

Tentu akan sangat merepotkan jika kita harus mengganti lampu dengan daya lebih kecil setiap kali mau tidur agar mendapatkan cahaya yang lebih redup. Lalu, bagaimana solusinya?

Mudah, pakai saja lampu pintar Smart LED Avaro. Lampu pintar yang dapat dioperasikan dengan menggunakan aplikasi dengan basis koneksi WiFi ini mempunyai fitur dimmeri.

Fitur dimmer adalah teknologi yang memampukan lampu dapat meredup dan kembali terang sesuai dengan pengaturan yang dilakukan pengguna. Dengan lampu berteknologi mutakhir ini, kamu tak perlu mengganti lampu dengan yang lebih kecil.

Anda tinggal menggunakan satu lampu untuk bermacam aktivitas. Lampu ini juga mempunyai warna pancaran cahaya dasar RGB yang dapat menghasilkan spektrum warna hingga 16 juta warna turunan.

Tak hanya itu, lampu ini juga diatur jadwal beroperasinya. Tentu ini akan sangat membantu Anda untuk menyesuaikannya dengan ritme tidur.

Mau tidur lebih nyenyak? Saatnya beralih ke smart LED AVARO.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.