Cara Efektif Bersihkan Tungau Debu

Cara Ampuh dan Aman Basmi Tungau Debu yang Merugikan Kesehatan Keluarga dan Berisiko buat Penderita Alergi

Tahukah Anda bahwa sebenarnya banyak mikro organisme ataupun parasit mikro yang berada di sekitar kita? Dari banyak jenis mikroorganisme tersebut salah satunya adalah tungau debu.

Jenis mikroorganisme ini memang kurang populer dibandingkan kutu busuk, kutu hewan piaraan, atau serangga berukuran mikro lain. Meski demikian, sebenarnya mikroorganisme ini jauh lebih banyak dan biasa ada di sekitar kita.

Tungau Debu, Mikroorganisme Penyebab Alergi

Tungau debu merupakan organisme yang memakan serpihan dari kulit manusia yang terbuang. Sama seperti kutu kasur, hewan ini sebenarnya tidak membawa penyakit apa pun, namun kotorannya akan menyebabkan alergi bagi sebagian orang.

Ukuran tungau debu juga termasuk kecil, rata-rata ukuran hewan ini hanya 0,3mm saja. Artinya, hewan ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, apalagi kotorannya.

Bentuk hewan dan kotorannya yang hanya sebesar debu ini biasanya akan jatuh ke lantai atau permukaan benda lainnya dan bercampur dengan debu atau partikel lainnya, seperti sel kulit mati atau debu.

Dengan ukuran yang sangat kecil, mikroorganisme ini juga bisa dengan mudah tertiup angin dan berpotensi terhirup oleh hidung dan masuk ke dalam saluran pernafasan. Buat orang kebanyakan, mungkin hal tersebut tidak berpengaruh pada kondisi tubuh, tetapi buat orang yang mempunyai alergi, mikroorganisme ini dapat menimbulkan reaksi tubuh yang berlebih dan bahkan mengakibatkan kefatalan.

Pada orang yang menderita alergi, serangga ini dapat memicu gejala mirip rinitis alergi seperti bersin, hidung meler dan tersumbat, hingga serangan asma. Pemicu alergi sebenarnya bukanlah tungau itu sendiri, melainkan protein pada feses dan serpihan badan tungau yang sudah mati. Anda mungkin menghirupnya tanpa sadar dan begitu berada dalam tubuh, sistem imun lantas menganggapnya sebagai ancaman.

Seperti jenis alergi lainnya, reaksi alergi terhadap tungau pun bisa bervariasi dari ringan hingga parah. Reaksi alergi yang ringan biasanya berupa hidung meler, bersin, serta mata berair yang sangat mirip dengan gejala pilek.

Alergi tungau yang dibiarkan begitu saja dapat menjadi kronis sehingga menyebabkan bersin, batuk, dan hidung mampet berkepanjangan. Pada kasus yang parah, pemicu alergi bahkan bisa mengakibatkan serangan asma dan sesak nafas.

Cara Efektif Melawan Tungau Debu

Metode yang paling biasa digunakan untuk membersihkan debu tentu saja adalah dengan menyapu dan mengepel. Untuk membersihkan perabotan, menggunakan kemoceng atau lap basah adalah hal yang biasa dilakukan.

Metode tersebut  pasti biasa Anda lakukan di rumah, bukan? Bisa sih, tapi menurut banyak sumber dan penelitian, salah satunya diambil dari jurnal e-biomedik, membersihkan tungau debu dengan menggunakan cara tersebut justru akan menyebarkan tungau debu ke mana-mana.

Dengan berat yang sangat ringan, tungau dapat dengan mudah di terbang ke berbagai arah saat disapu. Tak jarang pula, tungau debu tersebut justru akan masuk ke saluran pernafasan dan terhirup.

Cara yang lebih efektif adalah dengan menggunakan penyedot debu. Penyedot debu akan langsung menyedot debu tanpa harus menerbangkannya terlebih dahulu.

Namun, dengan menggunakan penyedot debu, Anda tetap harus memeperhatikan kualitas penyaringnya, apakah sudah termasuk dalam kategori HEPA (High-Efficiency Particulate Air) atau belum. Jika sudah menggunakan HEPA tentunya akan menjamin bahwa udara kotor yang ditarik ke dalam mesin penyedot debu benar-benar tersaring. Namun, jika tidak, maka udara yang disedot tersebut justru akan terhirup saat kita melakukan penyedotan.

Cara yang tentu lebih aman dan efektif adalah dengan menggunakan vacuum cleaner robot, seperti Avaro Laser. Vacuum cleaner ini akan bekerja dengan sendirinya tanpa perlu kita operasikan.

Kita tinggal mengaturnya melalui aplikasi yang ada dalam ponsel pintar. Begitu kita sudah menyalakannya, maka robot vacuum cleaner tersebut akan beroperasi sendiri dengan mengandalkan sensor AI yang ada di dalam robot tersebut.

AI sensor tersebut akan membuat robot penyedot debu tersebut memetakan situasi dan kontur area yang dibersihkan secara real time. Proses pembersihannya pun terbagi dalam tiga metode sekaligus, yaitu menyedot, menyapu, dan mengepel.

Tiga metode pembersihan lantai tersebut membuat tungau debu dan kotoran lain dapat terangkat secara sempurna. Pengepelan akan membuat sisa kotoran tungau yang biasanya berupa lemak dapat terangkat sekaligus.

Dengan menggunakan robot vacuum cleaner Avaro Laser, Anda bisa menjadwalkan pembersihan rumah Anda secara otomatis. Robot akan beroperasi secara otomatis tanpa perlu dinyalakan kembali.

Saat baterai menipis, maka robot ini pun akan secara otomatis akan kembali ke charging station-nya untuk mengisi baterai dan kembali beroperasi. Anda tinggal membersihkan dust bin atau kantong debunya secara teratur.

Dapatkan rumah yang bersih, terbebas dari tungau debu, dengan menggunakan robot vacuum cleaner Avaro Laser.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.