Ini Alasan Smart Lamp Gunakan Teknologi LED RGB

rumah dengan LED RGB

Saat ini, smart lamp menjadi representasi lampu komersial berteknologi tertinggi. Sebenarnya, keberadaan smart LED adalah kombinasi antara lampu LED dengan teknologi RGB dengan teknologi konektivitas berbasis internet.

Jadi, pada dasarnya, lampu pintar tersebut tetap menggunakan teknologi lampu sebelumnya yang sudah banyak kita gunakan, yaitu teknologi LED yang dilengkapi fitur RGB.

Seperti kita ketahui bersama, teknologi lampu LED merupakan evolusi tertinggi lampu komersial ini. Sebelumnya, kita terbiasa menggunakan lampu pijar yang biasa kita sebut bolham dan kemudian lampu teknologi fluorescence (EFL) yang jamak disebut lampu neon.

Kenapa Menggunakan Teknologi LED?

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Itu berarti lampu LED dapat menyala berkat pancaran dari dioda atau semikonduktor yang diberi tegangan. Penggunaan lampu LED kini sudah marak.

Penggunaan lampu LED yang kian marak bukannya tanpa alasan. Pertama, penggunaan dua kutub diode dalam lampu LED memungkinkan bentuk lampu bisa disesuaikan dengan peralatan modern yang kian ramping.

Kedua, meski berbentuk kecil, cahaya yang dihasilkan oleh LED setara atau bahkan lebih terang dibandingkan dengan teknologi lain. Sebagai contoh, lampu LED berdaya 9 Watt dapat seterang lampu neon berdaya 18 atau 24 Watt.

Ketiga, cahaya dari lampu LED lebih fokus. Keempat, ini yang paling unggul, lampu LED sangat hemat energi. Untuk memendarkan dua kutub dioda yang ada dalam lampu LED, hanya dibutuhkan satu arus tunggal berdaya kecil.

Keempat, aman. Material lampu LED didominasi oleh material plastik. Dengan material plastik, bobot lampu jadi lebih ringan dan aman, tidak mudah pecah saat pemasangan ataupun saat disimpan.

Kelima, awet. Selama tidak ada permasalahan pada kelistrikan atau konsleting, lampu LED mempunyai rentang hidup sangat lama, hingga 50.000 jam. Dengan kelebihan ini, tentu saja Anda bisa menghemat bujet secara signifikan.

Macam Lampu LED

Saat ini dikenal beragam jenis lampu LED. Perbedaan jenis itu ditentukan berdasarkan tipe warna, sumber tenaga, dan penggunaan atau fungsinya. Nah, untuk mengetahui jenis LED RGB, kita hanya akan membahas macam lampu LED berdasarkan tipe warna.

Berdasarkan tipe warna, lampu LED dibagi menjadi tiga macam, yaitu: LED single color, LED dual color, dan LED RGB. Berdasarkan namanya, LED single color berarti hanya terdiri dari satu warna dan satu dot warna LED, entah itu merah saja, hijau, kuning, putih atau biru saja.

Sedangkan LED dual color terdiri dari dua LED warna dalam satu pixel (titik). Dual color umumnya adalah kombinasi warna merah (red) dengan hijau (green) atau kuning (yellow). LED dual color juga dapat terdiri dari warna merah-putih atau merah-biru.

Tipe LED berdasarkan elemen warnanya yang ketiga adalah LED RGB atau tipe fullcolor. Apakah maksud RGB? Itu adalah singkatan dari Red, Green, dan Blue. Artinya, dalam satu lampu LED RGB, terdiri dari tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru.

Lampu LED RGB dapat membentuk ribuan hingga jutaan warna. Bahkan, diklaim bahwa lampu LED RGB dapat membentuk 16 juta spektrum warna! Kemampuan ini sering disebut dengan istilah videotron atau megatron.  Dengan kemampuan warna sebanyak itu, maka spektrumnya bisa dilihat dari berbagai sudut.

Avaro Smart Lamp

Avaro Smart Lamp

Smart Lamp dengan LED RGB

Dengan berbekal kemampuan dan keunggulan LED RGB tersebut, smart lamp hadir dengan sedikit penambahan teknologi di dalamnya. Teknologi Internet of Things (IoT) yang dibenamkan memungkinkan lampu tersebut dioperasikan dan diatur dengan menggunakan ponsel pintar yang sudah diinstal aplikasi pendukungnya.

Tidak hanya untuk mematikan ataupun menghidupkan dari jarak jauh, penggunaan aplikasi berbasis internet tersebut juga memungkinkan kita mengubah warna lampu, menaikkan ataupun menurunkan intensitas cahayanya, hingga bahkan mengatur white balance-nya.

Salah satu rekomendasi smart RGB LED adalah AVARO Smart LED. Lampu ini bergaransi hingga satu tahun, dengan klaim life time hingga 15.000 jam.

Harganya pasti mahal. Eits, jangan salah. AVARO Smart LED hanya dibanderol sekitar 85ribuan, untuk yang versi 9 Watt. Jadi, harganya hampir sama dengan lampu LED biasa, namun dengan fungsi dan kemudahan yang luar biasa.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.