Ketahui Cara Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu secara Tepat

Membersihkan lantai kayu dengan vacuum cleaner robotic

Lantai kayu tampaknya tetap menjadi salah satu pilihan hunian masa kini. Dengan karakteristiknya yang khas, lantai kayu menjadi material lantai yang multifungsi dan berkelas.

Terbuat dari material alami berupa pohon yang diolah menjadi lembaran parket, lantai kayu mempunyai keunikan tersendiri. Secara umum, lantai ini seolah bisa menyesuaikan suhu lingkungan yang ada.

Saat cuaca sedang panas, terutama di siang hari, lantai kayu bisa membantu suhu ruangan tetap sejuk dan dingin. Sebaliknya, saat suhu sedang dingin, maka lantai kayu efektif menjaga suhu ruangan tetap hangat.

Fungsi lantai kayu lainnya adalah menambah aspek dekoratif. Guratan lembaran kayu yang berbeda antara satu panel dengan panel lain akan memberikan aksen menarik dan unik.

Merawat Lantai Kayu

Sama seperti jenis lantai lainnya, material kayu untuk lantai juga membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan cantik. Karena terbuat dari material alami, tentu perawatan lantai kayu membutuhkan perawatan ekstra.

Meski demikian, perawatan lantai kayu tidaklah serumit yang dibayangkan. Langkah paling dasar tentu adalah dengan memastikan lantai kayu tetap bersih.

Selanjutnya, perawatan yang dibutuhkan merupakan perawatan yang bersifat mencegah lantai kayu tidak mudah  rusak, seperti menghindari penggunaan perabotan yang mempunyai alas tajam, menghindari paparan zat kimia, dan lain sebagainya.

Agar lebih jelas, yuk kita simak beberapa cara membersihkan dan merawat lantai kayu yang Anda miliki.

  1. Menyapu untuk membersihkan kotoran

Menyapu lantai kayu penting untuk menyingkirkan kotoran berukuran besar. Sebaiknya Anda menggunakan sapu ijuk atau sapu plastik yang teksturnya halus sehingga tidak rentan menimbulkan goresan pada permukaan kayu.

  1. Mengepel

Selain menyapu, mengepel lantai kayu juga tak kalah penting. Kain pel yang basah efektif menghilangkan debu dan kotoran yang melekat pada permukaan kayu. Namun, Anda harus memeras kain pel dengan benar sebelum mulai mengepel lantai kayu.

Material kayu untuk lantai memang sensitif terhadap kandungan air berlebihan. Jika terkena banyak air dalam waktu lama, beberapa jenis kayu akan menggelembung dan bahan perekatnya mudah lepas. Lebih parahnya lagi, kandungan air tersebut juga membuat lantai kayu jadi rapuh dan lapuk.

  1. Lap dengan campuran pel

Untuk menghilangkan noda membandel, seperti kotoran tanah yang sudah mengering dan melekat kuat, Anda bisa menggunakan larutan dengan campuran cuka. Campurkan 60 ml cuka ke dalam liter air. Selanjutnya, mulailah mengelap lantai kayu dengan larutan cuka tersebut. Jangan lupa melakukan proses pel yang kedua dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa cuka pada permukaan lantai kayu.

  1. Membersihkan dengan lap polymer berserat

Membersihkan lantai kayu dengan menggunakan lap jenis polymer seperti merek Kanebo, menjadi salah  satu cara membersihkan lantai kayu yang efektif. Caranya adalah dengan mengelap lantai dengan lap yang sudah dibasahi sedikit.

Metode ini mungkin akan sedikit menguras energi karena Anda harus membungkuk dan menyapu seluruh permukaan lantai. Dengan metode ini, punggung pun akan bekerja keras sehingga akan terasa pegal.

Tapi jangan kuatir. Anda bisa menggunakan alat pel revolusioner, AVARO Evocs. Alat pel ini dilengkapi dengan roller polymer yang bisa menyapu dan mengepel sekaligus.

Sistem kerja alat ini hampir sama dengan saat Anda mengelap lantai dengan lap polymer berserat. Bedanya, Anda tidak perlu membungkuk dan berjongkok. Tinggal aktifkan alat pel AVARO Evocs dan mesin ini akan berjalan sendiri membersihkan seluruh permukaan lantai kayu Anda.

  1. Bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner robotic

Mau metode yang lebih simple dan menyenangkan saat membersihkan lantai kayu Anda? Anda bisa menggunakan bantuan vacuum cleaner robotic atau robot vacuum cleaner.

Jenis vacuum cleaner ini beroperasi secara otomatis, dengan berbasis perintah yang sudah diprogram pada aplikasinya. Robot ini juga bisa dioperasikan dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan WiFi.

Robot vacuum cleaner bisa menyedot debu, menyapu, sekaligus mengepel. Dalam beberapa tipe robot vacuum cleaner tertentu, seperti AVARO X1, terdapat fitur UVC yang dinilai efektif untuk membunuh kuman.

Robot vacuum cleaner ini aman saat digunakan di atas lantai kayu. Dengan roda bergergerigi yang terbuat dari karet empuk, produk ini tidak akan menimbulkan bekas goresan pada permukaan lantai kayu.

Dengan perawatan yang tepat, lantai kayu Anda akan awet dan tetap indah dipandang. Lebih dari itu, lantai jenis ini akan senantiasa memberikan kenyamanan yang lebih dibandingkan jenis lantai lainnya.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.