Komponen penting dalam robot vacuum

 robot vacuum cleaner Avaro X1

Foto: Vacuum cleaner Avaro X1

Mau Beli Robot Vacuum Cleaner? Ketahui Komponen di Dalamnya yang Akan Menentukan Kualitasnya

Robot vacuum cleaner menjadi salah satu perangkat di lini produk home appliance yang jadi tren di kalangan keluarga moderen yang aktif dan dinamis. Fungsi robot vacuum dinilai tepat untuk membantu membersihkan lantai ruangan karena bisa beroperasi mandiri dan dikendalikan dari jarak jauh.

Peran robot vacuum cleaner tentu menjadi vital dalam kondisi sebuah keluarga yang kedua orang tua sibuk bekerja, sedangkan asisten rumah tangga harus fokus untuk menemani dan mengasuh si buah hati. Dengan berteknologi internet of things (IoT), robot vacuum akan membersihkan ruangan secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang dilakukan di aplikasi produk tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan produk robot vacuum cleaner AVARO X1, maka Anda dapat mengatur jadwal dan fungsi robot vacuum yang bisa menyedot debu dan pel sekaligus tersebut di aplikasi Avaro yang bisa diunduh di Playstore ataupun IoS. Selain itu, Anda juga bisa mengendalikannya langsung dari jarak jauh selama robot terkoneksi dengan jaringan WiFi yang ada.

Jadi tertarik beli robot vacuum cleaner? Tunggu dulu. Jangan buru-buru. Meski harganya terjangkau, seperti vacuum robot Avaro Laser yang dibanderol hanya sekitar dua jutaan, tapI Anda perlu tahu dahulu komponen ataupun fitur yang ada di dalamnya. Tujuannya adalah agar Anda tahu kemampuan produk robot penghisap debu yang hendak Anda beli.

Nah, apa saja komponen dan fitur yang Anda perlu ketahui?

#1 Sensor

Sensor merupakan indra penglihatan dan peraba dari sebuah alat penghisap pintar. Perlu diperhatikan bahwa saat ini di pasaran ada robot vacuum cleaner yang menggunakan dua macam tipe sensor, yaitu infra merah dan laser.

Kedua sensor ini memiliki fungsi yang sama, dan yang membuatnya berbeda hanyalah pada tingkat responsibilitasnya. Sensor infra merah hanya akan melihat daerah sekitar saat ia melewatinya.

Karena sensor ini hanya dapat menjangkau jarak yang rendah, makanya robot belum bisa mendeteksi interior rumah dan cara kerjanya akan acak. Oleh karena itu, proses pembersihkan membutuhkan waktu yang lama.

Berbeda dengan infra merah, sensor laser dapat menjangkau sangat luas, bahkan seluruh ruangan, ia dapat mendeteksi dinding dan furnitur, bahkan bisa sampai mapping rumah pemiliknya juga. Cara kerjanya dengan cara menyebarkan sensornya, dan saat cahaya laser menemukan penghalang ia akan memantul dan kembali diterima oleh robot.

Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah vacuum cleaner menggunakan sensor laser atau infra merah? Mudah. Cek saja apakah di tengah robot vacuum cleaner tersebut mempunyai kepala atau tonjolan. Jika mempunyai tonjolan, maka robot tersebut menggunakan sensor laser, sedangkan jika rata maka kemungkinan besar menggunakan sensor infra merah.

#2 Jenis Filter

Filter juga termasuk salah satu yang harus dipertimbangkan saat memilih robot penyedot debu.  Harus diketahui ada dua jenis filter yang biasanya diterapkan pada penghisap debu ini.

Micro filter, salah satu yang paling banyak ditemukan pada vacuum cleaner. Meski umum digunakan, namun penghisap debu dengan penyaring seperti ini akan sangat memungkinkan kotoran yang terhisap akan dapat kembali keluar.

Hal itu tidak akan terjadi pada sistem filterisasi menggunakan HEPA (high efficiency particulate air). Dengan teknologi ini, filter ini dapat menjebak partikel-partikel kecil dan membuatnya terkunci di dalamnya.

Penyaring HEPA bisa menangkap polutan yang berukuran 0,3 micrometer atau lebih. Maka sangat disarankan untuk yang memiliki alergi debu untuk bisa menyeleksi vacuum mana yang hendak dibeli.

#3 Mekanikal Penghisap

Terdapat dua sistem mekanikal penghisap debu, yaitu standar atau penghisap dengan sikat. Kedua mekanikal ini sama-sama digunakan sebagai penghisap debu, yang membedakannya hanyalah pada fungsi utamanya.

Penghisap standar hanya untuk menghisap tanpa ada komponen tambahan di tengahnya, dan langsung mengarahkan debu dan kotoran pada dust bin.

Berbeda dengan penghisap yang dilengkapi sikat, pada bagian mulut penghisap terdapat sikat tambahan yang sangat berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat pada lantai. Apalagi saat membersihkan rambut yang beterbaran atau pada bagian karpet.

#4 Dust Bin

Dust bin atau yang biasa disebut tong debu. Layaknya sebuah tong sampah, dust bin akan menguras kompartemen debu yang ada di robot jika kompartemen sudah penuh. Selain itu, dust bin ini juga berfungsi sebagai mesin pengisi ulang daya baterai.

Karenanya, buat Anda yang merasa butuh pembersihan yang lebih banyak, sebaiknya Anda memilih robot vacuum cleaner yang sudah dilengkapi dengan dust bin berukuran cukup besar, layaknya robot vacuum cleaner AVARO X1.

#4 Suku cadang

Jangan lupakan mengenai suku cadang. Karena digunakan setiap hari, maka robot vacuum cleaner butuh diganti komponennya. Komponen yang harus diganti secara regular adalah penyapu dan kain pelnya.

Pastikan Anda membeli produk robot vacuum cleaner yang tersedia suku cadangnya secara melimpah atau bahkan Anda diberi bonus suku cadang secara gratis pada tiap paket pembelian.

Nah, ketersediaan komponen tersebut bisa Anda baca pada keterangan produk. Atau, Anda bisa menanyakan langsung ke penjualnya. Untuk produk robot vacuum cleaner AVARO, Anda bisa menemukan informasinya di sini.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.