Mau Pasang Kamera Pengawas di Rumah? Kenali Dulu Beda IP Cam dengan CCTV

CCTV dan ip camera

Dengan berdasar pada faktor keamanan, kamera pengawas layak menjadi salah satu perangkat yang wajib Anda pasang di rumah. Fungsinya tentu adalah untuk mengawasi rumah dan seisinya.

Penggunaan kamera pengawas memang tidak bisa mencegah jika ada tindakan kejahatan yang melanggar hukum. Namun, faktanya, rekaman kamera pengawas sering memudahkan pihak berwajib untuk mengusut kasus tersebut.

Lebih dari itu, berdasar UU ITE pasal 5 ayat 1 dan 2, informasi elektronik, termasuk di dalamnya bukti video dari kamera pengawas menjadi salah satu alat bukti yang sah dalam pembuktian dan proses pengadilan.

CCTV atau IP Camera?

Ada dua jenis kamera pengawas yang banyak populer saat ini, yakni IP Camera dan CCTV.   Prinsip utama dua kamera tersebut sebenarnya sama, yakni merekam video yang kemudian dikirimkan ke sebuah perangkat lalu ditampilkan di layar.

Meski sama fungsinya, ada banyak perbedaan cara kerja dan fitur yang dimiliki masing-masing kamera. Mau tahu perbedaan keduanya?

Sinyal dan konektivitas

CCTV Closed-Circuit Television atau biasa disingkat CCTV mengandalkan sinyal analog. Sinyal analog digunakan untuk mentransmisi video dari satu kamera atau lebih ke perangkat penerima (receiver).

Kamera CCTV akan menangkap gambar, lalu mengirimkan data gambar tersebut ke Digital Video Recorder (DVR) yang kemudian akan ditayangkan di monitor dan disimpan dalam kartu memori. DVR bisa juga terkoneksi ke router dan modem untuk menampilkan video melalui internet dalam jaringan internal.

Berbeda dengan CCTV analog, IP camera mengandalkan koneksi internet untuk mengirim gambar tangkapannya. IP camera tidak memerlukan DVR sebagaimana CCTV.

IP camera bisa diakses melalui perangkat yang tersambung ke internet seperti smartphone atau laptop. Rekaman video bisa diakses dengan mengunduh software pendukungnya.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan AVARO IP camera, maka Anda bisa mengakses dan mengendalikan perangkat tersebut dengan menggunakan aplikasi AVARO pendukungnya. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Playstore maupun Appstore.

Harga

Ditilik dari dari harga unitnya, CCTV analog bisa lebih murah daripada IP camera. DVR juga lebih mudah dipasang dan bandwidth yang dibutuhkan juga lebih rendah. Tapi, karena CCTV analog membutuhkan banyak kabel, apalagi jika kamera yang dipasang berjumlah banyak, maka harga instalasinya bisa lebih mahal dibandingkan IP camera.

Sebagai perbandingan, AVARO IP Camera dibanderol seharga 350ribuan. Selama sudah ada jaringan WiFi di rumah Anda, perangkat ini tinggal dipasang dan secara otomatis akan terkoneksi ke jaringan WiFi tersebut.

Kualitas Gambar

Kualitas gambar yang dihasilkan CCTV analog juga lebih rendah. Resolusinya hanya 720×575. Konsekuensinya, detail video akan susah dilihat karena buram atau blur.

Itu berbeda dengan resolusi gambar yang diperoleh dari kamera IP yang rata-rata sudah Full HD. AVARO IP Cam mempunyai resolusi Full HD, dengan kemampuan inframerah untuk pencitraan malam hari.

AVARO IP Cam

Foto: AVARO IP Cam

 Zoom

Selain itu, CCTV analog juga tidak memiliki kemampuan digital zoom. Hal ini patut dipertimbangkan sebelum memasang, sebab detail yang kurang jelas akan menyulitkan proses identifikasi.

Hal berbeda di IP camera yang sudah dilengkapi dengan digital zoom yang langsung bisa dirasio dari perangkat smartphone penerimanya. Anda akan menemukan gambar yang lebih detil.

Angle View

Sudut pandang CCTV analog kebanyakan juga terbatas, sehingga perlu jumlah kamera yang lebih banyak apabila wilayah yang ingin diawasi cukup luas. Dengan keterbatasan bidang pandang ini pula, penempatan kamera CCTV analog harus lebih cermat.

Lain hal dengan IP cam yang biasanya mempunyai angle view yang luas dan rotating yang lebih fleksibel sehingga memungkinkan penampakan gambar hingga 360 derajat. Dengan satu IP cam, pandangan Anda sudah bisa menjelajah hingga seluruh sudut ruangan.

Poin plus lain dari IP camera adalah rekaman videonya dilindungi oleh enkripsi, sehingga lebih aman ketimbang CCTV analog.  Namun, bukan berarti IP camera 100 persen aman dari intipan pihak lain, karena bisa saja diretas oleh hacker, terutama melalui jaringan WiFi yang Anda gunakan.

Dari segala keunggulannya itu, tentu Anda akan lebih mantap untuk mengalokasikan bujet membeli IP cam. Ramah di kantong, aman buat keluarga.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.