Mau Pasang Smart Door Lock buat Pintu Rumah? Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelumnya

smart door lock

Konsep smart home living tampaknya makin menjadi tren gaya hidup masyarakat masa kini. Hampir semua peralatan rumah tangga bisa terintegrasi dengan internet sehingga bisa secara mudah dikendalikan dengan ponsel pintar, termasuk smart door lock atau kunci pintu.

Integrasi dengan internet dan dikendalikan dengan gawai berbasis aplikasi membuat peralatan rumah tangga tersebut menyandang gelar “smart” alias pintar. Lebih dari itu, peralatan rumah tangga disebut pintar karena mengalami perkembangan fungsi yang membuatnya lebih memudahkan penggunanya.

Makin Aman dan Praktis dengan Smart Door Lock

Salah satu peralatan rumah tangga pintar adalah smart door lock. Smart lock atau perangkat kunci pintar adalah alternatif untuk mengganti kuci pintu mekanis tradisional dengan menggunakan kunci logam untuk membuka dengan teknologi terkini.

Teknologi terkini yang dibenamkan dalam kunci pintu tersebut antara lain adalah ragam teknologi aksesnya, kendali jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet, sensor alarm, hingga kamera pemantau.

Sistem penguncian smart door lock memiliki beberapa mode akses, yaitu kartu akses, finger print, kode akses, akses buka pintu oleh pemilik melalui aplikasi pemilik rumah, dan mode yang belum bisa ditinggalkan, pakai kunci konvensional.

Penggunaan kunci konvensional masih tetap disertakan sebagai cadangan jika kunci pintu harus dibuka secara manual. Kondisi tersebut biasa terjadi saat mati listrik, jaringan internet down, baterai sumber energi smart door lock habis, atau unit mengalami kerusakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Smart Door Lock

Teknologi tentunya hadir untuk membuat kehidupan kita semakin mudah. Dengan menggunakan smart door lock, setiap anggota keluarga bisa membuka pintu rumah secara mudah, tanpa perlu menduplikasi kuncinya.

Dengan smart door lock pun rumah akan lebih aman karena akses dan kodenya hanya dimiliki oleh anggota keluarga. Selain itu, smart door lock juga dilengkapi dengan sistem alarm yang akan berbunyi jika handel pintu dibuka secara paksa.

Di beberapa tipe smart door lock, seperti AVARO Smart Door Lock, terdapat kamera dan layer yang menunjukkan dan merekam tamu di depan pintu. Tanpa perlu membukakan pintu terlebih dahulu, kita bisa melihat siapa yang hendak bertamu.

Faktor keamanan yang tinggi juga didukung oleh penggunaan sidik jari saat membuka sehingga sulit untuk dipalsukan. Selain itu, smart door lock terstruktur  diri dari 5 kait, bukan 2 kait seperti kunci konvensional.

Tertarik karena kecanggihan smart door lock? Pasti. Tiap pemilik rumah pun akan tergiur dengan kemudahan yang ditawarkan perangkat tersebut.

Namun, sebelum membelinya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Kesesuaian ukuran lubang master key

Meski menggunakan perangkat elektronik, smart door lock tetap menggunakan mekanikal master key konvensional seperti yang biasa digunakan pintu kebanyakan. Dalam satu paket pembelian smart door lock, Anda akan mendapatkan mekanikal handel dan master key ini.

Sayangnya, master key yang ada dalam paket smart doorlock mungkin tidak sesuai dengan ukuran lubang master key yang sudah ada. Karenanya, Anda bisa menyesuaikannya dengan memahat ulang atau justru menutup kelebihan lubang yang ada.

  1. Sesuaikan ketebalan daun pintu

Soal ketebalan pintu memang biasanya tidak terlalu menjadi kendala karena kebanyakan smart door lock dapat digunakan pada pintu panel kayu dengan ketebalan standar.

Akan jadi masalah jika pintu Anda merupakan pintu kustom yang mempunyai ketebalan yang tidak biasa. Dalam kondisi tersebut, Anda bisa menyesuaikannya dengan mengikis ketebalan pintu Anda.

  1. Pastikan ada jaringan internet di rumah Anda

Untuk mengoperasikan smart door lock dengan menggunakan aplikasi di ponsel, tentu saja Anda harus memastikan bahwa rumah Anda telah terinstalasi jaringan internet.

Smart door lock akan terkoneksi dengan internet dengan koneksi WiFi. Dengan teknologi ini, kunci pintu pintar tersebut dapat Anda terhubung dengan ponsel dari mana saja.

  1. Biasakan mengingat kode akses

Salah satu konsekuensi dari penggunaan password untuk mengakses apapun adalah mengingat kode akses tersebut. Ada beberapa orang yang tidak terbiasa untuk mengingat kode, apalagi dalam bentuk numerik.

Dengan memutuskan untuk menggunakan smart door lock, Anda akan diajak untuk terbiasa mengingat password.

  1. Hindarkan dari area yang sering terpapar air

Karena smart door lock merupakan perangkat elektronika yang terdiri dari berbagai komponen yang tidak bisa terkena paparan air, sebaiknya Anda menggunakannya pada pintu rumah yang terhindar dari paparan air.

Avaro Smart Door Lock mempunyai IP54 yang mempunyai ketahanan terhadap debu dan percikan air. Meski demikian, perangkat ini tetap tidak bisa terkena paparan air dalam jumlah banyak, berbeda dengan kunci pintu konvensional.

Beberapa hal di atas hendaknya menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli smart door lock. Jika memang Anda dan keluarga memang membutuhkan perangkat ini, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikannya pada pintu rumah Anda.

 

 

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.