Memahami Arti Lumen atau Level Cahaya pada Sebuah Smart Lamp
smart lamp avaro

Foto: Smart lamp avaro

Sejak ditemukan oleh Sir Alva Edison, lampu menjadi salah satu barang yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Kini, hadir lampu pintar atau smart lamp yang menjadi penyempurnaan dari lampu yang ada saat ini.

Smart lamp adalah lampu yang dilengkapi dengan sistem berbasis internet yang memampukan lampu tersebut dikendalikan dengan menggunakan ponsel pintar dan aplikasi yang menyertainya. Pengendalian tersebut meliputi mengubah warna, mengubah level kecerahan, mengubah nuansa warna, hingga mematikan atau menghidupkan dari jauh.

Kaitannya dengan tingkat kecerahan atau intensitas cahaya, setiap lampu mempunyai tingkat cahaya yang berbeda-beda. Tingkat cahaya tersebut biasa diukur atau disebut dengan istilah Lumen.

Lumen, Tingkat Kecerahan Sebuah Lampu

Secara sederhana, lumen adalah ukuran jumlah total intensitas cahaya sebuah lampu atau sumber cahaya lain yang mampu tertangkap oleh mata manusia. Semakin tinggi nilai lumennya, semakin terang sebuah lampu.

Selama ini, kita sering salah kaprah bahwa kecerahan sebuah lampu tergantung angka 20 atau 40W. Ukuran W (watt) tersebut tidak menunjukkan tingkat terang lampu, melainkan daya yang dibutuhkan oleh lampu untuk menyalakan filamen agar muncul cahaya.

Dahulu, pada lampu pijar berfilamen, semakin tinggi daya nya, semakin tinggi pula tingkat terangnya. Namun, sejak ditemukan teknologi LED, tingkat kecerahan sebuah lampu tidak lagi tergantung pada besar dayanya.

Dengan lampu LED rendah energi, lebih banyak keluaran cahaya dapat dicapai dengan konsumsi daya yang jauh lebih sedikit. Misalnya, lampu LED 6,5W akan memberikan keluaran cahaya yang serupa dengan bohlam Halogen 50W.

Saat menggunakan LED, lebih banyak energi yang diubah menjadi cahaya daripada panas. Artinya, lebih banyak lumen yang akan diproduksi dengan menggunakan daya yang lebih sedikit. Karenanya, menggunakan watt sebagai panduan kecerahan tidak lagi relevan.

Lampu Smart LED AVARO, Watt Kecil Lumen Besar

Era lampu LED makin mentereng dengan hadirnya lampu LED yang dilengkapi dengan teknologi berbasis internet alias internet of things. Dengan tambahan teknologi tersebut, maka lampu LED bisa dikendalikan dari jarak jauh, berganti warna, redup-terang, dan tentu saja, bisa dijadwalkan operasionalnya.

Salah satu lampu smart LED terekomendasi adalah smart LED AVARO. Lampu pintar yang hadir dengan 3 pilihan daya, yaitu 9, 10, dan 12W, ini dapat secara mudah terkoneksi ke WiFi dan dikendalikan dengan menggunakan smartphone yang sebelumnya sudah terinstal aplikasi AVARO.

Menyoal kekuatan lumen, produk ini dapat memancarkan cahaya dengan intensitas maksimal di atas 700 lumen untuk smart lamp AVARO berkapasitas 9 Watt. Satu lampu dengan lumen kisaran 700 sudah cukup untuk menerangi ruangan dapur ataupun kamar dengan kisaran 20 meter per segi.

Berkat fitur yang berguna menerangkan dan meredupkan yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi, smart lamp AVARO berarti juga dapat meningkatkan atau menurunkan level lumen yang dimilikinya. Metode ini sangat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan tingkat cahaya tertentu, baik untuk tidur, meditasi, maupun aktivitas lain.

Lampu pintar AVARO diklaim dapat berfungsi hingga sekitar 15000 jam. Kisaran hitungan durabilitas ini tentu membuat Anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli lampu baru.

Lebih dari itu, lampu ini juga sangat efektif membantu Anda menghemat pengeluaran bulanan untuk membayar listrik. Karena bisa dihidupkan atau dimatikan dari ponsel, lampu ini bisa Anda matikan saat lupa mematikannya.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.