Mengenal Istilah IP pada Peralatan Elektronik

jam tangan elektronik dengan ip68

Jika Anda meneliti spesifikasi teknis beberapa peralatan atau produk elektronika, mungkin akan menemukan istilah teknis IP, dengan tulisan “IP67”, “IP68”, dan beberapa kombinasi angka dan huruf lainnya.

Kode tersebut banyak Anda temukan khususnya pada peralatan elektronik yang mengalami paparan langsung dengan air ataupun lingkungan luar, seperti smartwatch, TWS, smart door lock, atau produk lain.

Bagi Anda yang hobi mengoleksi beragam peralatan elektronik, Anda perlu mengetahui arti istilah kode ini agar bisa menentukan penggunaan dan perawatan yang sesuai dengan spesifikasi produk tersebut.

Secara mudah, kode IP memang terkait dengan kemampuan produk tersebut mengantisipasi ataupun menolerir paparan air dan debu.

IP Tunjukkan Anti-air Atau Tahan Air

Teknologi anti-air memang bukan barang baru dalam teknologi barang elektronik. Untuk memudahkan konsumen mengetahui ketahanan sebuah produk terhadap air, dicantumkanlah label IP.

IP adalah singkatan dari Ingress Protection. Itu merupakan kode standar internasional yang dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) bagi kemampuan proteksi sebuah perangkat elektronik.

Biasanya, untuk produk yang tahan terhadap air dan debu, rating IP yang diikuti dengan angka, seperti IP67, IP68, atau IP7.

Meski merupakan handel pintu, tetapi smart door lock tersebut mempunyai sistem elektronika yang harus diproteksi dari pengaruh air dan debu dari lingkungan sekitar. Sistem proteksinya sedemikian rupa sehingga handel pintu ini dapat mengantisipasipasi kedua hal tersebut dengan baik.

Bagaimana Cara Mengartikan Kode IP?

Seperti dipaparkan di atas, dengan mengetahui arti kode IP, kita bisa mengetaui kemampuan produk elektronik yang kita miliki. Di sisi lain, kita juga bisa menentukan bagaimana cara merawat dan menjaga produk tersebut agar tetap awet dan berfungsi.

Bagaimana cara mengartikannya? Mudah. Angka di awal adalah level proteksi terhadap partikel luar, seperti debu dan serat mikro. Angka terendah adalah 0 dan angka tertingginya 6. Semakin tinggi angkanya, semakin tahan barang elektronik tersebut terhadap debu dan partikel mikro.

Angka kedua adalah level proteksi terhadap air dan tekanan air tawar. Ingat ya, air tawar, bukan air asin/air laut karena berat jenisnya berbeda. Levelnya antara 0 hingga 8.

Angka 0 berarti menunjukkan bahwa produk tersebut tidak tahan terhadap air sama sekali, sebaliknya angka 8 menunjukkan bahwa sebuah produk tahan terhadap air hingga kedalaman lebih dari 1 meter.

Bagaimana Aplikasinya di Peralatan Elektronik?

Setiap peralatan elektronik mempunyai ketahanan terhadap debu dan air berbeda-beda. Sebagai contoh, smart door lock AVARO mempunyai label IP45.

Itu berarti produk ini mempunyai cukup ketahanan terhadap debu dan partikel mikro lainnya, serta mempunyai ketahanan terhadap paparan air dari luar. Meski demikian, produk ini tetap rentan terhadap dua hal tersebut dalam intensitas besar.

Artinya, jika Anda memutuskan menggunakan smart door lock, gunakan pada pintu dalam rumah yang tidak terkena hujan. Itu berbeda dengan sistem handel pintu konvensional yang tetap aman digunakan meski terkena air.

Itu berbeda saat kita menggunakan smartwatch seperti StartGo R1 yang mempunyai ketahanan dengan nilai IP68. Dengan nilai IP tersebut, smartwatch tersebut mempunyai ketahanan sempurna terhadap air dan debu.

Jam pintar tersebut dapat digunakan saat hujan atau bahkan saat bermain air. Meski demikian, ada batas ketahanan dari jam tersebut, terutama dari paparan air laut dan tekanan air yang tinggi, seperti jika digunakan untuk berenang di kedalaman tertentu.

Dari contoh tersebut, kita bisa mengetahui cara pemeliharaan produk elektronika dari spesifikasi IP-nya. Jadi, makin tahu ya cara membuat peralatan elektronik kita makin awet.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.