Posisi Router WiFi Paling Tepat Agar Perangkat Smart Home Assistant Bekerja Maksimal

koneksi wifi

Memutuskan untuk menggunakan perangkat smart home assistant, seperti Avaro Vacuum Cleaner Robotic, Avaro Smart LED, dan lain sebagainya, mengharuskan Anda mempunyai jaringan internet dengan jangkauan WiFi yang bagus di rumah.

Tidak hanya tergantung pada kualitas jaringan internet yang disediakan oleh provider telekomunikasi, kualitas jaringan internet dari rumah yang diakses oleh semua perangkat berbasis internet tidak bisa dilepaskan dari kualitas dan posisi penempatan router WiFi.

Peran Penting Router dan Jangkauannya

Buat Anda yang memang memanfaatkan WiFi di rumah, tentu Anda tahu perangkat yang digunakan untuk memancarkan sinyal WiFi ke semua perangkat seluler yang ada di rumah. Ya, perangkat itu bernama router WiFi, seperti Advan Hybrid Router Start 1.

Router semacam pemancar yang mendistribusikan sinyal agar bisa diterima dengan baik oleh antena penerima, seperti ponsel atau gawai lainnya. Semakin baik tingkat penyebarannya, makin bagus pula kualitas sinyal seluler.

Kemampuan pemancar atau router Wifi memancarkan sinyal juga tidak bisa lepas dari standar sinyal WiFi yang dipancarkannya Seperti kita ketahui, ada beberapa standar WiFi, yaitu IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, dan IEEE 802.11a.  Berikut ilustrasi jarak jangkauan router WiFi berdasar standarisasinya.

  1. IEEE 802.11b adalah standar WiFi dengan frekuensi 2.4GHz

Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 1Mbps sampai 11Mbps. Berapa jauh daya jangkau sinyalnya? Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah 350ft atau 105 meter.

Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 1Mbps. Jika memaksimalkan data rate sebesar 11Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 50 meter.

  1. IEEE 802.11g adalah standar wifi dengan frekuensi 2.4GHz

Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 6Mbps sampai 54Mbps. Berapa jauh daya jangkau sinyalnya? Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah kurang lebih  90 meter.

Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 6Mbps. Jika memaksimalkan data rate sampai sebesar 54Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 30 meter. Jarak 30 meter sudah cukup jauh untuk skala rumah atau kantor kecil dengan data rate yang tinggi.

  1. IEEE 802.11a adalah standar wifi dengan frekuensi 5GHz

Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 6 Mbps sampai 54Mbps. Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah kurang lebih 60 meter. Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 6 Mbps.

Posisi Penempatan Router WiFi yang Ideal

Selain karena standar WiFi, jangkauan dan kualitas sinyal WiFi juga tergantung dari posisi meletakkan router WiFi tersebut. Seperti kita tahu, sinyal WiFi layaknya sinyal berbasis frekuensi radio lainnya yang tergantung pada kekuatan dan kelancaran penangkapan sinyal.

Kelancaran penangkapan sinyal tersebut sangat tergantung pada posisi penempatan router ataupun repeater WiFi.

Semakin strategis posisi penempatannya, semakin kuat dan luas jangkauan sinyal internet. Alhasil, perangkat smart home assistant Anda pun dapat bekerja secara maksimal.

Lalu, bagaimana posisi yang paling ideal menempatkan router WiFi di rumah? Beberapa saran berikut bisa dicoba.

  1. Diletakkan di posisi yang tinggi

Router WiFi sama halnya dengan antena TV, jika Anda meletakkannya di posisi yang tinggi maka sinyal yang didapat akan maksimal. Jadi, pastikan untuk meletakkan router WiFi di tempat yang tinggi.

  1. Di tempat biasa mengktfikan smart home assitant

Paling ideal, letakkan router di pusat rumah, tempat di mana Anda mengoperasikan perangkat home smart assistant. Hindari untuk meletakkannya di tempat yang jauh dari perangkat yang ingin dikoneksikan.

  1. Hindari meletakkan di dekat jendela

Hindarkan untuk meletakkan router di dekat jendela, apalagi jendela terbuka dan dekat jalan. Kenapa? Selain berpotensi untuk diambil maling, WiFi cenderung akan mengirimkan sinyal ke luar jendela sehingga sinyal internet akan terbagi.

  1. Hindarkan berada di dekat perangkat elektronik lain

Jika Anda menaruh atau meletakkan router WiFi berdekatan dengan barang elektronik lainnya, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab WiFi lemot. Hal itu dikarenakan barang elektronik lain dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengacaukan sinyal internet.

  1. Hindarkan dari perangkat yang memancarkan Bluetooth

Jika sedang menggunakan headset Bluetooth, sebaiknya Anda tidak mendekat ke router WiFi dan sebaliknya. Hal itu karena dapat berpotensi menyebabkan WiFi interference atau gangguan sinyal akibat tabrakan sinyal. Keduanya menggunakan frekuensi yang sama, 2.4GHz.

Beberapa cara meletakkan router itu bisa kita perhatikan agar sinyal WiFi yang kita gunakan bisa maksimal. Jika WiFi lancar, penggunaan perangkat home smart assistant pun akan maksimal.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.