Tips Meninggalkan Anak dengan Pengasuh Ketika Bekerja

Tips Aman Meninggalkan Anak Ketika Bekerja

anak dengan pengasuh

Meninggalkan anak yang masih kecil saat bekerja merupakan keputusan berat bagi seorang ibu. Di satu sisi, seorang ibu ingin membantu keuangan keluarga. Namun, sisi lainnya, ada perasaan tidak tega saat menitipkan pada orang lain, contohnya anak dengan pengasuh.

Apalagi, saat ini marak terdengar pengasuh yang sering bertindak jahat kepada anak saat orang tuanya tak ada di rumah. Itulah alasan yang membuat banyak ibu khawatir apabila mempekerjakan pengasuh. Mereka tidak ingin menyesal apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan kepada anaknya, ataupun keamanan rumah.

Meski begitu, rasa takut yang berlebihan ini masih ada solusinya. Ibu masih bisa pergi bekerja dan anak akan aman di rumah dengan pengasuhnya. Yuk simak tips berikut ini!

Cari Rekomendasi Pengasuh dari Kerabat

Mencari pengasuh memang harus selektif. Agar tidak salah pilih, ibu harus lebih meluangkan waktu yang panjang agar menemukan seseorang yang cocok. Alangkah baiknya, tanyakan rekomendasi kepada keluarga atau kerabat dekat. Mungkin ada kenalan mereka yang bisa dijadikan sebagai pengasuh untuk Si Kecil.

Ciptakan Suasana Rumah yang Kids-Friendly

Ketika meninggalkan anak dengan pengasuh untuk pertama kali dalam waktu cukup lama, kemungkinan ia akan rewel karena tak ada ibu di sisinya. Cara menenangkannya, cobalah untuk menciptakan suasana rumah yang lebih nyaman. Misalnya, penuhi dengan mainan-mainan agar fokusnya bisa terdistraksi.

Beri Informasi yang Jelas kepada Pengasuh

Pengasuh adalah orang asing bagi anak. Sehingga, orang tua harus memberikan informasi yang jelas kepada pengasuh agar anak bisa nyaman di dekatnya. Misalnya, pengasuh harus hafal mengenai jadwal makan, jadwal tidur, dan jadwal main. Ketika anak rewel, pengasuh harus sigap mengetahui apa yang diinginkan anak tersebut.

Berikan Kontak Darurat

Berpikirlah pada kemungkinan terburuk yang terjadi saat tak ada di rumah. Entah pengasuh bertanya hal yang penting atau anak tiba-tiba sakit. Pengasuh harus memiliki beberapa kontak darurat untuk dihubungi agar salah satunya bisa menjawab dengan cepat.

Memasang Smart Cam untuk Memantau Kondisi Rumah

Agar lebih tenang ketika meninggalkan anak, cobalah untuk memasang smart cam untuk memantau kondisi di rumah. Sebentar lagi, Avaro akan segera meluncurkan WiFi Smart Cam yang penggunaannya bisa diatur melalui ponsel. Aktivitas anak dan pengasuh bisa terlihat secara jelas tanpa perlu khawatir berlebihan lagi. 


Nantikan informasi selanjutnya mengenai produk terbaru Avaro hanya di media sosial kami!

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.