Tips Membeli IP Camera Terbaik dan Sesuai Kebutuhan
IP Cam AVARO

Foto: IP Cam AVARO

Saat ini, sepertinya setiap rumah perlu untuk memasang kamera pengawas. Tujuan utamanya tentu adalah faktor keamana, baik bagi pemilik rumah ataupun barang-barang di dalam rumah.

Secara umum, kita mengenal kamera pengawas tersebut dengan istilah CCTV (Closed Circuit Television) yang dimengerti sebagai kamera pengintai yang terhubung di televisi atau monitor dengan sirkuit tertutup. Saat ini, teknologi kamera pengawas berkembang sehingga bisa diakses langsung dari perangkat ponsel berbasis teknologi internet.

Kamera pengawas yang bisa diakses dari jarak jauh dengan menggunakan ponsel biasa disebut IP camera. IP merupakan singkatan dari internet protocol. Salah satu merek produk ini adalah AVARO IP camera.

Dengan menggunakan kamera pengawas IP cam, Anda bisa mendapatkan citra kondisi rumah Anda  secara realtime, secara audio-visual, dari ponsel Anda. Gambar dari kamera ini juga dapat diperbesar secara langsung hingga sekitar 10 kali digital zoom.

Buat Anda yang tertarik untuk membeli dan mengaplikasikan IP camera di rumah Anda, ada beberapa hal yang penting diketahui sebelumnya.

  1. Pastikan ada jaringan WIFi di rumah

Karena menggunakan koneksi internet rumah, maka pastikan bahwa di rumah Anda telah terinstalasi jaringan WiFi. Berbeda dengan kamera pengawas lain yang menggunakan koneksi kabel LAN, IP cam biasanya hanya tersedia satu pilihan konektivitas, yaitu WiFi.

Pastikan jaringan WiFi rumah Anda cukup kuat ya. Tujuannya adalah agar Anda lebih leluasa memposisikan kamera ini semua penjuru rumah Anda, yang mungkin agak jauh dari router WiFi yang Anda miliki.

  1. Pilih IP Cam dengan resolusi full HD

Semakin detil penangkapan gambar kamera, semakin bagus kualtas kamera tersebut. Untuk itu, Anda bisa memilih kamera IP yang sudah mendukung resolusi full HD.

Dengan resolusi Full HD, tangkapan gambar kamera yang Anda saksikan di layer ponsel akan tampak detil dan riil. Ini tentu bermanfaat untuk memantau kondisi rumah secara teliti.

  1. IP cam dengan angle view yang luas

Masih seputar pencitraan, sebaiknya Anda memilih IP cam yang mempunyai sudut pandang yang luas. Dengan sudut pandang luas, Anda dapat dapat melihat lebih luas ke seluruh penjuru meski IP cam hanya berputar sedikit.

Fitur wide angle view tersebut dapat Anda temukan pada IP Cam AVARO. Kamera itu mempunyai angle view hingga 135 derajat dan berotasi hingga 355  derajat. Itu artinya kamera ini dapat memantau ruangan hingga satu putaran.

  1. IP cam dengan sensor lensa berkualitas

Mungkin sedikit teknis, tetapi tidak ada salahnya Anda mencermati spesifikasi sensor yang melengkapi kamera IP Anda. Kualitas sensor dan lensa menjadi komponen utama dalam sebuah kamera IP, layaknya mata.

Biasanya, sensor yang ditanamkan pada sebuah IP cam adalah sensor CMOS. Perlu juga dicermati nilai aperture lensa dalam kamera tersebut, misalnya 1/2.7” dan sebagainya. Sebagai tambahan, pastikan IP cam yang hendak Anda beli juga memiliki fitur IR sehingga bisa untuk memindai obyek pada malam hari.

  1. Dipasang berdiri maupun tergantung

Posisi menentukan pemantauan. IP cam yang ideal harus dapat diposisikan di berbagai sudut ruangan, baik dalam keadaan tergantung maupun diletakkan di permukaan tertentu.

Oleh karena itu, biasanya IP cam dilengkapi dengan braket sehingga bisa membuat kamera ini berdiri ataupun tergantung tanpa takut terjatuh. Meski fitur ini terkesan sederhana, tetapi sangat menentukan fungsinya sebagai kamera pemantau.

Kelima hal tersebut adalah beberapa hal yang mesti Anda pahami dahulu sebelum membeli IP cam. Dengan produk tersebut, Anda bisa memantau keamanan rumah secara realtime dari ponsel, termasuk memantau aktivitas buah hati Anda selama ditinggal bekerja di kantor.

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.