Tips Mudah Membersihkan Muntahan Bayi Biar TidaK Lengket dan Amis
membersihkan muntahan bayi
Ibu dan anak

Mempunyai bayi kecil memang menyenangkan, apalagi saat melihat tingkah polahnya yang lucu. Dalam periode usia tersebut, pencernaan buah hati masih dalam masa pengenalan sehingga tak jarang dia mengalami muntah, baik memuntahkan makanan yang disuapkan atau muntahan susu atau yang biasa disebut gumoh.

Muntahan tersebut biasa akan jatuh di lantai, karpet atau tempat lain yang biasa digunakan si kecil. Jika si kecil gumoh, mau tidak mau harus segera kita bersihkan tidar dikerubungi lalat yang mengakibatkan munculnya permasalahan baru.

Selain agar tidak memancing datangnya lalat, membersihkan muntahan si kecil bertujuan untuk menghilangkan bau dan lengket pada lantai. Jika tidak dibersihkan secara tuntas, maka lantai, karpet, ataupun permukaan lain yang terkena muntahan tidak nyaman lagi digunakan.

Berikut beberapa tips membersihkan muntahan si kecil agar kering dan bersih sempurna.

  1. Dengan menggunakan tisu kering dan tisu basah

Cara membersihkan muntahan si kecil yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan tisu. Cara ini sudah menjadi kebiasaan, bahkan gerak reflek, bagi para ibu saat mengetahui si kecil muntah.

Agar lebih optimal proses pembersihannya, Anda bisa menggunakan kombinasi dua macam tisu sekaligus, tisu kering dan tisu basah. Langkah pertama adalah segera menyelubungi muntahan dengan dengan tisu kering.

Tisu kering akan menyerap cairan muntahan sehingga sisa makanan yang menyertai bisa kita angkat dengan menyekakan tisu tersebut. Jika muntahan banyak, gunakan 2-3 lembar tisu sekaligus.

Setelah dirasa bersih, gunakan tisu basah untuk membersihkan sisa muntahan tersebut. Tujuannya agar   sisa protein atau gula bekas muntahan yang tertinggal terbilas oleh cairan pada tisu basah.

Jika tidak memiliki tisu basah, Anda bisa menggunakan tisu kering yang dibasahi dengan alcohol. Cairan alcohol akan menguap setelah membilas permukaan yang dilap.

2. Dengan menggunakan pel dengan cairan pembersih

Metode lain adalah dengan menggunakan kain pel. Caranya adalah dengan menyeka muntahan dengan menggunakan kain pel yang sebelumnya sudah dibasahi dengan cairan pembersih lalu kembali menyekanya dengan kain pel yang sudah dibilas.

Jika masih ada sisa cairan pel yang tersisa, Anda bisa kembali mengepelnya dengan pel yang sudah benar-benar kering untuk menuntaskan proses pembersihan.

3. Menggunakan kain polimer

Kain berbahan polimer seperti Kanebo atau merek yang lain juga praktis digunakan untuk membersihkan muntahan. Kain jenis itu mempunyai daya serap tinggi sehingga dengan sekali usap, cairan muntahan bisa terserap sempurna, sekaligus membuat kotoran muntahan menempel. Bilas dengan air bersih kain tersebut dan lakukan kembali pembersihan agar hasilnya maksimal.Dengan menggunakan alat pel elektrik

Cara yang lebih mudah dan irit tenaga adalah dengan menggunakan alat pel elektrik. Alat pel ini mempunyai sistem pembersihan yang komprehensif, bisa menarik dan mengikat semua jenis kotoran dengan satu sapuan saja.

Jadi, Anda bisa menyapu dan mengepel sekaligus dengan menggunakan alat pel elektrik. Pilih yang mempunyai sumber daya berupa baterai isi ulang agar bisa lebih menjangkau segala sudut ruangan Anda.

Salah satu rekomendasi alat pel listrik adalah AVARO Evocs. Alat pel elektrik yang bekerja dengan memanfaatkan rol polymer yang punya daya serap luar biasa ini dapat beroperasi secara otomatis.

4. Menggunakan robot vacuum cleaner

Robot vacuum cleaner, seperti AVARO X1, merupakan salah satu penemuan peralatan rumah tangga terpenting abad ini. Meski disebut vacuum cleaner, alat ini mampu menyapu, menyedot debu, hingga mengepel sekaligus.

Bahkan, robot vacuum cleaner tipe AVARO X1 dapat sekaligus berfungsi sebagai desinfektan karena dilengkapi dengan UVC. Sinar ultraviolet C ini akan melumpuhkan kuman penyakit pada lantai Anda.

Metode mana yang bakal Anda pilih untuk membersihkan bekas muntahan si kecil? Sepertinya metode nomor 4 dan 5 akan membuat Anda lebih merasa santai, bukan?

type your search

Reach out to us anytime and lets create a better future for all technology users together, forever. We are open to all types of collab offers and tons more.